Kalah oleh Athletic Bilbao, Real Madrid Tampil Buruk

MALAGA – Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, menyatakan timnya bermain buruk ketika kalah 1-2 dari Athletic Bilbao di semifinal Piala Super Spanyol 2020-2021. Zidane menyebut Los Blancos -julukan Real Madrid- kesullitan mengejar defisit dua gol.

Pertandingan Real Madrid kontra Athletic Bilbao berlangsung di Stadion La Rosaleda, Malaga, Jumat (15/1/2021) dini hari WIB. Banyak pihak memprediksi Real Madrid akan memenangkan pertandingan itu, tetapi fakta justru menyajikan sebaliknya.

Athletic Bilbao vs Real Madrid (Foto: Reuters)

Los Blancos mendominasi penguasaan bola, tetapi tidak mampu mencetak gol pada babak pertama. Gawang Real Madrid justru dua kali dibobol pemain Athletic Bilbao, Raul Garcia (18’ dan 38’).

Tertinggal 0-2 memberikan tekanan bagi Real Madrid karena mereka butuh tiga gol untuk memenangkan pertandingan. Upaya Los Blancos untuk memperkecil kedudukan berbuah hasil pada menit ke-73 melalui gol Karim Benzema.

Pasukan Zidane berusaha mendapatkan dua gol tambahan. Real Madrid hampir mendapatkannya, tetapi dua upaya Marco Asensio membentur tiang gawang.

Real Madrid tidak mampu menembus pertahanan Athletic Bilbao yang semakin ketat mendekati akhir pertandingan. Skor 1-2 untuk kekalahan Real Madrid pun bertahan hingga pertandingan berakhir.

Los Blancos gagal menyusul Barcelona yang lebih dulu mengamankan tempat di final Piala Super Spanyol. Jika tampil lebih baik, kekalahan itu seharusnya tidak diderita Real Madrid.

“Kami kesulitan pada babak pertama. Kami tidak bermain bagus, sedangkan mereka mencetak dua gol. Mereka memiliki dua peluang dan dua gol. Ketika Anda tertinggal dua gol, itu selalu sulit,” kata Zidane, mengutip Goal Internasional, Jumat (15/1/2021).

Athletic Bilbao vs Real Madrid (Foto: Reuters)

“Kemudian, kami memiliki babak kedua yang lebih baik. Kami menciptakan peluang, kami memiliki beberapa (kesemmpatan untuk menyamakan kedudukan), mencetak gol, tetapi tidak bisa mencetak gol kedua,” tuturnya.

Real Madrid pun menderita kekalahan pertama di kompetisi mana pun sejak 2 Desember 2020. Akan tetapi, kekalahan itu tidak boleh membuat Real Madrid terpuruk karena ada pertandingan lain menanti mereka.

Real Madrid akan melawan Alcoyano di Copa del Rey. Pertandingan itu akan berlangsung di kandang Alcoyano, Stadion Campo Municipal El Callao, Rabu 20 Januari 2021 dini hari WIB. Meski unggul secara kualitas, Real Madrid harus berhati-hati agar tidak menderita kekalahan beruntun.