AC Milan Kalah 1-3, Pioli: Angkat Topi untuk Juventus

MILAN – Pelatih AC Milan, Stefano Pioli, tidak meratapi kekalahan 1-3 yang dialami timnya dari Juventus di pekan ke-16 Liga Italia 2020-2021, Kamis (7/1/2021) dini hari WIB. Alih-alih mencari alasan, eks juru taktik Inter Milan tersebut justru angkat topi alias memberi pujian kepada Juventus.

“Kami harus angkat topi dan memberi pujian kepada lawan kami (Juventus). Sebab, mereka berhasil bangkit,” kata Pioli mengutip dari Football Italia, Kamis (7/1/2021).

Federico Chiesa

(Federico Chiesa, bintang kemenangan Juventus atas Milan)

Sebelum laga digelar, AC Milan dijagokan memenangkan pertandingan. Secara kondisi AC Milan jauh di atas Juventus. Dalam 27 laga terkini Liga Italia (minus laga kontra Juventus dini hari tadi), Hakan Calhanoglu dan kawan-kawan tidak terkalahkan.

Dalam periode tersebut, Rossoneri –julukan AC Milan– mendapatkan 20 menang dan tujuh imbang. Karena itu, sebelum laga di atas dimulai, AC Milan memuncaki klasemen Liga Italia 2020-2021 dengan koleksi 37 angka, unggul 10 poin dari Juventus.

Namun, status di atas tidak membuat Juventus minder. Adrien Rabiot dan kawan-kawan justru unggul penguasaan bola dengan persentase mencapai 57,6 persen.

Federico Chiesa menjadi sosok protagonis Juventus di laga kontra AC Milan. Winger Timnas Italia itu mencetak dua gol pertama Juventus, tepatnya pada menit 18 dan 62. Di sela-sela dua gol Federico Chiesa di atas, Rossoneri sanggup mencetak gol pada menit 41 via aksi Davide Calabria.

Namun, alih-alih menyamakan kedudukan, Milan justru kembali kebobolan. Juventus mencetak gol ketiga via tembakan kaki kanan Weston McKennie pada menit 76, memanfaatkan umpan silang Dejan Kulusevki.

Juventus

Selain Federico Chiesa, kiper Juventus Wojciech Szczesny juga layak diapresiasi. Sebab, kiper berpaspor Polandia itu membuat delapan penyelamatan, terbanyak semenjak ia berkarier di Liga Italia.

“Kami melakukan apa yang kami butuhkan dengan menciptakan peluang. Namun, ketika kami tertinggal untuk kedua kalinya, semuanya menjadi lebih sulit,” lanjut Pioli.

Berkat kemenangan ini Juventus naik ke posisi empat klasemen Liga Italia 2020-2021 dengan koleksi 30 angka, terpaut tujuh poin dari Milan di puncak. Juventus memiliki peluang merapatkan jarak dari Milan karena memiliki tabungan satu pertandingan yang belum dimainkan.