Inggris Bantai San Marino 5-0, Southgate: Saya Sangat Senang

LONDON – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Inggris, Gareth Southgate, mengaku sangat senang dengan kemenangan yang diraih timnya saat menjamu San Marino pada laga perdana Grup I Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Bermain di Stadion Wembley, Jumat (26/3/2021) dini hari WIB, Inggris menang telak dengan skor 5-0.

Pada laga tersebut, Inggris berhasil membuka keunggulan pada menit 14 lewat aksi James Ward-Prowse. Selanjutnya, tujuh menit berselang, Three Lions –julukan Timnas Inggris– sukses menggandakan keunggulan melalui gol Dominic Calvert-Lewin.

Inggris vs San Marino

Belum puas, pada menit 31, Inggris kembali menambah gol setelah Raheem Sterling mencatatkan nama di papan skor. Gol keempat, Calvert-Lewin kembali unjuk gigi. Ia sukses mencetak gol keempat untuk Inggris pada menit 53.

Jelang laga berakhir, Inggris kembali membuat jala San Marino bergetar setelah Ollie Watkins mencetak gol pada menit 83. Gol tersebut pun memastikan Inggris memastikan kemenangan atas San Marino dengan skor 5-0.

Baca juga Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa: Spanyol Gagal Menang, Inggris-Jerman Berpesta

Jelas, hasil ini membuat Southgate tersenyum lebar. Meski memang sudah seharusnya, Inggris bisa memenangi laga kontra San Marino, tetapi Southgate menilai bahwa penampilan anak asuhnya sangatlah baik.

“Saya sangat senang, tidak hanya cara kami memindahkan bola dengan cepat dan pergantian posisi, tetapi cara kami menekan saat kehilangan bola menyoroti mentalitas tim selama 90 menit penuh,” ungkap Southgate, mengutip dari laman resmi UEFA, Jumat (26/3/2021).

“Tentu saja, itu lawan yang harus kami kalahkan, tetapi saya pikir mereka melakukan pekerjaan dengan sangat baik,” tambahnya.

“Saya pikir ada banyak penampilan individu yang bagus. Kami mengatakan bahwa ada motivasi individu yang tinggi, serta tim. Akan sulit untuk memilih satu,” lanjutnya.

Inggris vs San Marino

Berkat hasil ini, Inggris berhasil memimpin klasemen sementara Grup I. Raihan tiga poin dengan unggul selisih lima gol pun membuat Inggris begitu nyaman duduk di posisi puncak.

Sementara urutan kedua ditempati Albania yang juga meraih kemenangan 1-0 atas Andorra. Sedangkan urutan ketiga hingga keenam secara berurutan diisi oleh Polandia, Hungaria, Andorra, dan San Marino.