Loyalitas Tanpa Batas Del Piero untuk Juventus

ALESSANDRO Del Piero 23 tahun (1991-2014) berkarier sebagai pesepakbola profesional. Sebanyak 19 tahun (1993-2012) di antaranya dihabiskan Del Piero bersama raksasa Italia, Juventus.

Selama 19 tahun itu, Del Piero turun di 706 pertandingan dengan koleksi 290 gol dan 73 assist. Berkat koleksi gol dan assist dari Del Piero juga, Juventus meraih 16 gelar dalam periode 1993-2012. Trofi Liga Italia jadi yang paling banyak disabet, yakni enam gelar.

Meski terlihat mulus, ada satu momen di mana loyalitas Del Piero bersama Juventus benar-benar diuji. Di akhir musim 2005-2006, Juventus dinyatakan bersalah atas kasus calciopoli (pengaturan skor) yang dilakukan CEO mereka saat itu, Luciano Moggi.

Luciano Moggi

(Moggi, penyebab Juventus terdegradasi ke Serie B)

Akibat kelakuan Moggi, Juventus pun dipaksa terdegradasi ke Serie B. Dihukumnya Juventus ke Serie B membuat beberapa pemain bintang Bianconeri –julukan Juventus– memutuskan angkat kaki dari Stadion Delle Alpi –kandang Juventus sebelum menjadi Stadion Allianz.

Beberapa pemain bintang yang memutuskan pindah adalah Patrick Viera, Zlatan Ibrahimovic, Emerson, Fabio Cannavaro, Gianluca Zambrotta dan Lilian Thuram. Akan tetapi, langkah keenam pemain di atas tidak diikuti Del Piero.

Alessandro Del Piero

Saat itu, pelatih Juventus dalam kurun 2004-2006, Fabio Capello, menawari Del Piero untuk pindah ke Real Madrid. Bahkan, satu posisi di lini tengah (playmaker) bakal dipercayakan Capello kepada Del Piero. Namun, suami dari Sonia Amoruso itu menolak tawaran Capello.

Tidak hanya Madrid, tawaran yang ditolak Del Piero. Pria berparas tampan itu juga menolak proposal yang diajukan AC Milan, Arsenal dan Inter Milan. Tidak hanya menolak tawaran dari klub lain, Del Piero justru meyakinkan bintang-bintang Juventus lainnya seperti Gianlugi Buffon, Pavel Nedved, Mauro Camoranesi, dan David Trezeguet untuk berjuang di Serie B.

Bujukan yang tidak sia-sia, mengingat nama-nama di atas memutuskan untuk bertahan bersama Juventus, meski harus mentas di Serie B. Perjuangan mereka pun membuahkan hasil. Juventus hanya satu musim berada di Serie B dan mereka bahkan keluar sebagai kampiun.

Setelah melalui 38 pertandingan, Juventus mengoleksi 85 angka, unggul enam poin dari Napoli di posisi dua. Sebenarnya Juventus mengemas 94 angka, namun poin mereka dikurangi sembilan imbas kasus dari Calciopoli.

Infografis Del Piero

Usai satu musim di Serie B, Juventus kembali eksis di Serie A. Setelah menunggu selama empat musim usai meraih status promosi, Juventus akhirnya kembali menjadi yang terbaik di Liga Italia, tepatnya pada 2011-2012.

Alessandro Del Piero

(Del Piero 19 tahun membela Juventus)

Sayangnya, 2011-2012 juga merupakan musim terakhir Del Piero bersama Juventus. Saat itu, manajemen Juventus memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak Del Piero. Ia memilih melanjutkan karier di Australia bersama Sydney FC, sebelum akhirnya pensiun bersama klub asal India yakni Delhi Dynamos FC.

Setidaknya, fakta di atas menunjukkan loyalitas besar yang diberikan Del Piero untuk Juventus. Karena itu, jangan heran jika suatu hari nanti Anda melihat Del Piero kembali bergabung bersama Juventus, mengisi salah satu jabatan penting di jajaran manajemen.