Gareth Southgate Bertekad Akhiri Puasa Trofi Timnas Inggris

LONDON – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Inggris, Gareth Southgate, bertekad mengakhiri puasa gelar juara bagi Tim Tiga Singa yang sudah berlangsung selama 53 tahun dengan memenangi UEFA Nations League (UNL). Langkah Harry Kane dan kawan-kawan tinggal berjarak dua laga lagi dengan trofi kompetisi tersebut.

Timnas Inggris sukses melangkah ke babak semifinal setelah lolos sebagai juara Grup 4 UEFA Nations League A, mengungguli Spanyol dan Kroasia. Semifinalis Piala Dunia 2018 tersebut akan menghadapi Swiss di Estadio Afonso Henriques, Portugal, pada Jumat 7 Juni 2019 dini hari WIB.

Momentum bagus tengah didapat Timnas Inggris setelah penampilan impresif mereka di Piala Dunia 2018. Dua klub asal Inggris, Chelsea dan Liverpool, sukses menjadi juara dua kompetisi antarklub Eropa, yakni Liga Eropa dan Liga Champions 2018-2019.

Timnas Inggris (Foto: UEFA)

Dominasi Inggris di kompetisi tersebut kian terasa mengingat Liga Eropa dan Liga Champions sama-sama menciptakan All English Final. Southgate yakin para pemainnya juga merasakan keinginan yang sama untuk mempersembahkan trofi bagi Timnas Inggris.

“Kami benar-benar tidak sabar menanti kesempatan untuk mengakhiri musim dengan baik. Saya tahu para pemain juga sangat bersemangat dan hanya tinggal dua pertandingan lagi untuk memenangi trofi. Tentu trofi tersebut akan menjadi langkah signifikan buat kami,” tutur Gareth Southgate, melansir dari laman resmi Asosiasi Sepakbola Inggris (FA), Senin (3/6/2019).

“Pekan-pekan ini sangat luar biasa untuk sepakbola Inggris. Kami akan menghadapi pertandingan besar, jadi semua pemain harus siap,” imbuh pelatih berusia 48 tahun itu.

Gareth Southgate bersama Timnas Inggris (Foto: Football Association)

Demi mewujudkan ambisi tersebut, Gareth Southgate sengaja memanggil 27 pemain untuk bersiap mengahadapi UEFA Nations League sejak akhir Mei 2019. Nantinya sebanyak 22 pemain akan diboyong ke Portugal guna membawa pulang trofi UEFA Nations League edisi perdana.