Siapa Pesepakbola Peraih Trofi Piala Dunia Terbanyak?

TAMPIL di Piala Dunia adalah impian seluruh pesepakbola di muka bumi ini. Akan tetapi, tidak semua berhasil merealisasikan keinginannya tersebut. Beberapa pemain atau eks pesepakbola hingga kini belum mampu menunaikan mimpinya tampil di Piala Dunia.

Beberapa di antaranya adalah Gareth Bale dan Ryan Giggs (Wales), George Weah (Liberia). Alfredo Di Stefano (Argentina-Spanyol) dan Eric Cantona (Prancis). Di saat nama-nama di atas harus meratapi nasib tak bisa tampil di Piala Dunia, hal berbeda dirasakan Edson Arantes do Nascimento atau yang biasa disapa Pele.

Eric Cantona

(Cantona tidak pernah tampil di Piala Dunia)

Bagaimana tidak, Pele tak hanya ambil bagian di kompetisi sepakbola terakbar tersebut, namun juga tercatat sebagai kolektor trofi Piala Dunia terbanyak. Dari empat kali kesempatan turun di Piala Dunia (1958, 1962, 1966 dan 1970) bersama Tim Nasional (Timnas) Brasil, tiga di antaranya berujung dengan gelar juara.

Hal itu dicapai Pele bersama Brasil pada 1958, 1962 dan 1970. Pada Piala Dunia 1958 yang digelar di Swedia, usia Pele memang belum genap 18 tahun. Akan tetapi, penyerang Santos itu keluar sebagai mesin gol Brasil.

Hanya dari empat penampilan di Piala Dunia 1958, Pele mengemas enam gol. Bahkan, Pele mencetak dua gol saat Brasil mengalahkan tuan rumah Swedia 5-2 di final. Kemudian, di Piala Dunia 1962 yang berlangsung di Cile, Pele gagal mengulangi performa terbaik layaknya di edisi 1958.

Setelah tampil di dua laga fase grup, Pele mengalami cedera hamstring jelang melakoni pertandingan pamungkas di babak penyisihan. Alhasil, Pele tak bisa ambil bagian saat Brasil mengalahkan Cekoslovakia 3-1 di final Piala Dunia 1962.

Infografis Pele

Usai Brasil gagal total di Piala Dunia 1966 yang dilangsungkan di Inggris (Brasil terhenti di fase grup), Pele dan Selecao –julukan Brasil– bangkit di edisi 1970 yang digelar di Meksiko. Dari enam pertandingan di Piala Dunia 1970, Pele mencetak empat gol.

Salah satu gol Pele dicetak saat Brasil menang 4-1 atas Italia di partai puncak. Melihat deretan trofi di atas, Pele pun menyandang status sebagai pemain terbaik dunia abad ke-20, versi International Federation of Football History & Statistics (IFFHS).