Meski Menang, Ten Hag Tetap Waspadai Tottenham di Leg II

LONDON – Pelatih Ajax Amsterdam, Erik ten Hag, mengaku tetap akan mewaspadai Tottenham Hotspur di leg II babak semifinal Liga Champions 2018-2019 nanti. Meski di leg pertamanya Ajax mampu menang dengan skor 1-0, namun Ten Hag percaya Tottenham bakal lebih berbahaya di pertemuan kedua mereka, yang mana akan berlangsung pada Kamis 9 Mei 2019 mendatang.

Kewaspadaan itu muncul karena Ten Hag yakin Tottenham sudah memahami permainan Ajax. Seperti yang terjadi di di leg I, pada Rabu (1/5/2019) dini hari tadi, tepatnya ketika di babak kedua, Ten Hag merasa Tottenham mulai bisa menekan permainan Ajax sehingga Matthis de Ligt dan kawan-kawan kesulitan untuk menyerang.

Hal tersebut jelas berbanding terbaik dengan apa yang terjadi di babak pertama, di mana Ajax bisa dikatakan menguasai jalannya pertandingan. Gol semata wayang di laga tersebut pun terjadi di babak pertama, tepatnya pada menit ke-15 yang diciptakan oleh Donny van de Beek.

Hal itulah yang membuat Ten Hag berharap Ajax tak sedikit pun mengendurkan fokusnya saat menghadapi The Lilywhites –julukan Tottenham– nanti. Meskipun pada leg kedua tersebut Ajax bakal tampil di kandang sendiri, yakni Johan Cruyff Arena, namun Ten Hag percaya laga itu bakal berlangsung sulit.

“Di babak pertama, kami telah memainkan sepakbola yang sangat bagus. Namun kami tidak mengantisipasi dengan baik setelah pergantian pemain (di babak kedua). Kami tidak mampu menjaga bola. Tottenham memilih gaya yang lebih oportunistik dan butuh banyak kekuatan untuk tetap dipertahankan,” kata Ten Hag, melansir dari Sportskeeda, Rabu (1/5/2019).

“Saya yakin Tottenham telah mendapatkan wawasan (tentang Ajax) dari pertandingan ini, namun begitu pun dengan kami. Kami tahu kami harus melakukan yang lebih baik daripada hari ini sebagai balasannya. Saya sangat puas dengan kemajuan dan pertumbuhan kami. Sangat menyenangkan untuk dilihat,” tukasnya.