Liga Champions: Juventus 1-2 Ajax

Italia tidak punya wakil di babak semifinal Liga Champions musim 2018-2019. Juventus sebagai wakil terakhir justru menelan kekalahan saat menjamu Ajax Amsterdam di Stadion Allianz, Turin, Rabu (17/4) dini hari WIB.

Juventus awalnya diunggulkan karena bisa menahan imbang Ajax 1-1 di leg pertama lalu. Mereka bahkan sempat unggul lebih dulu berkat gol Cristiano Ronaldo di menit 28.

Namun mental skuad Ajax tidak goyah meski mereka dalam keadaan tertinggal. Berkat kerja keras, tim asuhan Erik Ten Hag sukses menyamakan keadaan di menit 34.

Adalah Donny van de Beek yang bisa menceploskan bola ke gawang Wojciech Szczesny. Berawal dari sepakan Hakim Ziyech, bola justru mendarat di kaki Van de Beek. Para pemain Juventus mengira sang lawan sudah berdiri dalam posisi offside. Namun wasit beserta asistennya punya keputusan berbeda. Van de Beek masih berada dalam posisi onside. Tanpa gangguan, ia sukses menyarangkan si kulit bundar.

Selepas jeda, Juventus menarik keluar Paulo Dybala dan memainkan Moise Kean. Striker 19 tahun itu diharapkan bisa menambah daya gebrak sepanjang babak kedua.

Namun sayang, yang terjadi justru sebaliknya. Juventus kebobolan lagi di menit 67. Kali ini gawang mereka dikoyak oleh Matthijs de Ligt. Ajax unggul agregat 3-2.

Jika ingin lolos, Juventus wajib mencetak dua gol tambahan. Akan tetapi skuad didikan Massimiliano Allegri tak mampu menunaikan misi tersebut. Karenanya mereka gugur di babak perempat final.

Susunan pemain
Juventus: Szczesny; De Sciglio (Joao Cancelo 64′), Rugani, Bonucci, Alex Sandro; Emre Can, Matuidi, Pjanic; Bernardeschi (Bentancur 80′), Ronaldo, Dybala (Kean 46′).

Ajax: Onana; Veltman, De Ligt, Blind, Mazraoui (Sinkgraven 11’/ Magallan 82′); De Jong, Schone; David Neres, Van de Beek, Ziyech (Huntelaar 88′); Tadic.