Harus Diakui, Timnas Vietnam Tengah Rajai ASEAN

JawaPos.com – Timnas U-23 Vietnam harus diakui saat ini merajai sepak bola Asia Tenggara. Bersama Park Hang-seo, mereka menjelma menjadi kekuatan yang menakutkan di ASEAN.

Timnas Vietnam memang berkembang sangat pesat. Mereka bahkan sukses mengamankan gelar Piala AFF 2018. Di level Asia, Vietnam mampu melaju ke perempat final Piala Asia 2019 sebelum dikalahkan Jepang.

Tidak hanya tim senior, tetapi leveljunior juga telah melalui proses menuju sukses. Mereka baru saja disorot setelah menang empat gol tanpa balas melawan saingan berat Thailand, untuk mengamankan tempat di Piala Asia U-23 2020.

Jelas itu membuktikan dominasi mereka di ASEAN. Dikutip Fox Sports Asia, di bawah asuhan Park, Vietnam bahkan belum merasakan kekalahan di ASEAN.

Melawan Filipina, Vietnam meraih dua kemenangan bersama Park (dua kali di Piala AFF 2018). Saat menghadapi Malaysia, Vietnam telah menang dua kali dan seri dalam pertandingan di piala AFF 2018.

Vietnam juga mengalahkan Myanmar di Piala M-150 2017 dan di Piala AFF. Mereka juga pernah mengalahkan Australia, Indonesia, Laos, Kamboja, dan Brunei Darussalam di bawah tangan dingin Park.

Meski demikian, ada dua tim yang belum pernah bersua Vietnam di bawah asuhan Park, yakni Singapura dan Timor Leste. Tentu di atas kertas, Vietnam bisa unggul atas dua negara tersebut meski belum pernah bertemu.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Indra Eka Setiawan