Chelsea vs Slavia Prague, Siapa Bisa Kelabui Kepa

Chelsea akan melanjutkan ambisi mereka di Eropa dengan menjamu Slavia Prague di leg kedua perempat final Liga Europa, Jumat (19/4) dini hari nanti. Untuk bisa meraih tiket semifinal, mereka tak hanya harus bisa menaklukkan lawan. Tapi juga menjaga kondisi internal klub tetap tenang.

Bukan rahasia lagi jika kondisi internal Chelsea terus dilanda guncangan. Dari mulai ketidakpercayaan kepada pelatih, akan perginya Eden Hazard di akhir musim, hingga pembangkangan Kepa Arrizabalaga sang kiper utama.

Penampilan Kepa memang bak dua sisi mata uang bagi Chelsea. Di Premier League, Kepa kerap jadi bulan-bulanan kritik. Seperti ketika The Blues-julukan Chelsea-keok 0-2 di tangan Liverpool akhir pekan lalu (14/4). Sebaliknya, kiper termahal dunia itu menjelma bak tembok kokoh ketika bermain di Liga Europa.

Sejak leg pertama 16 Besar melawan Dynamo Kyiv, portero 24 tahun itu selalu menutup laga dengan cleansheet. Begitu pula ketika mengantarkan Chelsea memenangi leg pertama 0-1 melawan Slavia Prague di Praha (12/4). Tiga penyelamatannya sukses membuat tim tuan rumah frustrasi.

Kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga jadi sasaran kritikan saat tampil di Premier League namun muncul sebagai pahlawan ketika bermain di Liga Europa. (Glyn KIRK / AFP) 

”Jika bukan Kepa yang jadi kiper Chelsea, kami pasti akan mampu mencetak gol,” klaim arsitek Slavia Jindrich Trpisovsky dikutip Tribuna. Nah, Kepa akan bisa menghadirkan kembali kesulitan bagi Slavia pada leg kedua perempat final Liga Europa di Stamford Bridge, London, dini hari nanti WIB.

Empat cleansheet beruntun di kompetisi Eropa bakal ditorehkan kiper asal Spanyol itu. Total di Liga Europa musim ini, Kepa sudah melakukan tujuh kali cleansheet. Jumlah itu sudah menjadikannya sebagai kiper dengan jumlah cleansheet terbanyak di Liga Europa. Kepa mengungguli kiper Arsenal Petr Cech yang baru mengoleksi lima kali cleansheet.

Azpi, sapaan akrab bek Chelsea Azpilicueta, memuji Kepa. Dia membandingkan antara Kepa dengan Cech. ”Dia (Kepa) salah satu alasan terpenting bagi kami agar bermain lebih solid,” sebut Azpilicueta, dikutip situs resmi klub.

Ada yang beda dengan wajah back four Chelsea di depan Kepa dini hari nanti WIB. Bek Gary Cahill berpotensi kembali ke starting eleven Chelsea. Cahill sudah enam laga Eropa tidak dimainkan Sarri. Terakhir, Cahill tampil ketika Chelsea menggilas PAOK empat gol tanpa balas di fase grup (30/11).

5 Pertandingan Terakhir Chelsea
14/04/19: Liverpool 2-0 Chelsea
12/04/19: SK Slavia Prague 0-1 Chelsea
09/04/19: Chelsea 2-0 West Ham United
04/04/19: Chelsea 3-0 Brighton & Hove
31/03/19: Cardiff City 1-2 Chelsea

5 Pertandingan Terakhir Slavia
14/04/19: Slavia 1-1 Sparta Praha
12/04/19: Slavia 0-1 Chelsea
07/04/19: Dukla Prague 1-5 Slavia
03/04/19: Slavia 5-0 MFK Karviná
30/03/19: Slavia 1-1 Slovan Liberec

Perkiraan susunan pemain
Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Alonso, Christensen, Cahill, Azpilicueta; Barkley, Kovacic, Kante; Willian, Giroud, Pedro
Pelatih: Maurizio Sarri

Slavia Prague (4-3-1-2): Kolar; Boril, Deli, Ngadeu-Ngadjui, Coufal; Kral, Soucek, Traore; Stoch; Olayinka, Masopust
Pelatih: Jindrich Trpisovsky

Prediksi
Chelsea menang: 50%
Slavia menang: 30%
Imbang: 20%